Selasa, 09 April 2013

INSTRUMEN DALAM KEPERAWATAN KESEHATAN KOMUNITAS


INSTRUMEN DALAM KEPERAWATAN KESEHATAN KOMUNITAS

JAMINAN MUTU KEP KES KOMUNITAS
                Jaminan mutu dalam kep kes komunitas (quality assurance in nursing community) merupakan salah satu pendekatan/upaya yg sangat penting serta mendasar dlm memberikan layanan kep kepd klien.
                Seorang perawat komunitas yg profesional harus senantiasa berupaya memberikan layanan keperawatan dgn mutu yang terbaik kepada semua klien tanpa terkecuali.
                Layanan kep yg bermutu adalah layanan kep yg senantiasa berupaya memenuhi harapan klien sehingga klien akan selalu puas terhdp pelayanan yg diberikan.
                Dalam dunia kep, mutu bukanlah hal yg baru. Hal ini dpt dicermati dari perjuangan Florence N saat ia menggunakan standar untuk menilai layanan kep yg diberikan kepada anggota militer perang dunia II. Pekerjaan Florence waktu itu b/d perawatan luka, kesling sekitar, serta ventilasi yang digunakan
                Hal ini berarti bahwa perawat harus sll berupaya memenuhi kebutuhan & harapan klien (masyarakat) secara terus menerus tanpa akhir.
                Berbagai defenisi mutu telah dijabarkan oleh pakar manajemen. Imbalo S.Pohan (2006) yg menjabarkan mutu sbg keseluruhan karakteristik barang/jasa yg menunjukkan kemampuannya dlm memuaskan kebutuhan konsumen baik berupa kebutuhan yg dinyatakan maupun kebutuhan yg tersirat.

                Dimensi mutu layanan kesehatan menurut L.D Brown dkk (1992) adalah sbb :
  1. Dimensi kompetensi tekhnis
  2. Dimensi keterjangkauan atau akses terhadap layanan kesehatan
  3. Dimensi efektivitas layanan kes
  4. Dimensi efesiensi layanan kes (banyak/tdkx pasien)
  5. Dimensi kesinambungan layanan kes
  6. Dimensi keamanan
  7. Dimensi kenyamanan (kepuasaan layanan)
  8. Dimensi informasi
  9. Dimensi ketepatan waktu
  10. Dimensi hubungan antar manusia
MENGAPA JAMINAN MUTU LAYANAN KES PENTING….
  1. Penerapan pendekatan jaminan mutu layanan kes akan menjamin bahwa organisasi layanan kes akan selalu menghasilkan layanan kes yg bermutu, artinya layanan kes yg sesuai dgn harapan & kebutuhan klien serta mampu dibayar olehnya.
  2. Penerapan pendekatan jaminan mutu layanan kes akan menjadikan organisasi layanan kes semakin efisien karena semua org yg bekerja dlm organisasi itu akan selalu bekerja lbh baik dlm suatu sistem yg terus menerus diperbaiki
  3. Penerapan pendekatan jaminan mutu layanan kes akan menjadikan organisasi layanan kes semakin terhormat, terkenal & selalu dicari oleh siapapun
  4. Penerapan pendekatan jaminan mutu layanan kes terutama akan memperhatikan outcomes layanan kes sehingga setiap pelaksanaan tugas hrs dilakukan dgn benar agar benar2 bermanfaat bagi klien.
  5. Penerapan pendekatan jaminan mutu layanan kes akan menumbuhkan kepuasan kerja, komitmen & peningkatan moral profesi serta akhirnya akan menimbulkan kepuasan klien.
                Pelayanan pd masyarakat dimasa mendatang hendaknya semakin lama semakin :
  1. Baik (better)
  2. Cepat (faster)
  3. Diperbaharui (newer)
  4. Murah (cheaper)
  5. Sederhana (more simple)

      KEBIJAKAN PUBLIK
                Kebijakan publik ad/ keputusan2 yang mengikat bagi orang banyak pada tatanan strategis/ bersifat garis besar yang dibuat oleh pemegang otoritas publik.
                Pelaksaan kebijakan publik dimasyarakat yg penting adalah adanya suatu standar pelayanan publik, yg menjabarkan pada masyarakat apa pelayanan yg menjd haknya, siapa yg mendapatkannya, apa persyaratannya, juga bagaimana bentuk layanan tersebut.


ADVOKASI
                Advokasi diartikan sebagai kegiatan pembelaan kasus atau beracara di pengadilan. Berpijak pada peran perawat komunitas advokasi dpt dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu :
  1. Advokasi kasus
  2. Advokasi kelas
  3. Advokasi yg dilakukan perawat kes komunitas dlm membantu masyarakat miskin sangat berkaitan erat dgn konsep menajemen sumber, biasanya membantu masyarakat u/ mengakses sumber2, mengkoordinasikan  distribusi pelayanan sosial atau merancang-kembangkan kebijakan2 & program2 kes di masyarakat.
                 Prinsip2 advokasi adalah :
  1. Realistis
  2. Sistematis  (perencanaan)
  3. Taktis (kerjasama)
  4. Strategis (pendekatan)
  5. Berani
Dengan memahami & mengaplikasikan prinsip2 kebijakan publik & advokasi, diharapkan perawat kes komunitas selalu menjadi garda terdepan dlm membela kepentingan masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar